Tips Menggunakan Hashtag Tiktok

Tips Menggunakan Hashtag TikTok untuk Meningkatkan Visibilitas Kontenmu.

Sosial media TikTok memang dapat mendatangkan traffic yang besar. Terbukti, sosial media pendahulunya juga membuat sistem yang sama layaknya Tiktok, seperti YouTube Shorts, Instagram Reels. Karena format video vertikal sedang digandrungi para netizen, maka tidak sedikit para konten kreator berlomba-lomba mencari cara dan tips menggunakan hashtag TikTok untuk memaksimalkan visibilitas konten mereka di platform ini. Tapi, tanpa kita sadari, tak hanya kualitas konten saja yang berhubungan dengan audience. Melainkan, teknik optimasi lain seperti kata kunci pada caption dan hashtag yang cocok sebagai pendorong konten kamu agar potensi viral alias FYP (For You Page). Dalam artikel ini, sudah kami rangkum 7 tips menggunakan hashtag TikTok agar FYP. Tentu tips menggunakan hashtag TikTok yang akan kami bagikan bukanlah satu-satunya senjata ampuh, tapi ini adalah langkah dasar agar kamu sebagai konten mengenal framework sebuah algoritma media sosial di platform TikTok.

7 Tips Menggunakan Hashtag TikTok Agar Viral

Tentu, berikut adalah 7 tips menggunakan hashtag TikTok terbaik yang dapat membantu kamu memaksimalkan penggunaan hashtag di TikTok:

1. Pilih Hashtag yang Relevan dan Populer

Pastikan hashtag yang kamu pilih sesuai dengan kontenmu dan juga sedang populer di TikTok. Menggunakan hashtag relevan membantu kontenmu muncul di depan audiens yang tepat dan mendapatkan perhatian yang lebih besar. Kombinasi keduanya adalah kunci untuk sukses di platform ini. Jadi, untuk menentukan hashtag yang relevan, kamu harus mengidentifikasi niche atau kategori market yang akan kamu bidik. Hal ini akan menentukan gaya bahasa yang akan kamu gunakan juga, jadi pahamilah siapa audiens kamu.

Tips Menggunakan Hashtag Tiktok

2. Sesuaikan Hashtag dengan Tren

Jangan takut untuk merangkul tren yang sedang populer di TikTok. Kamu dapat membuat konten yang sesuai dengan hashtag yang tengah naik, sehingga kontenmu lebih mungkin terlihat dan di-share oleh pengguna lain. Mengetahui apa yang sedang happening di TikTok adalah langkah cerdas untuk memaksimalkan visibilitas. Nebeng tren itu boleh saja, asalkan konten kita tetap relevan dengan kebutuhan target kita, jadi jangan paksakan numpang tren agar viral ya.

3. Menggunakan Hashtag TikTok dengan Rutin Riset Hashtag

Jangan remehkan pentingnya riset hashtag. Melakukan riset secara rutin akan membantu kamu terus memahami tren terbaru, sehingga kamu tidak akan tertinggal. Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan hashtag yang paling relevan dan sesuai dengan kontenmu, meningkatkan peluangmu tampil di FYP, dan meningkatkan jumlah impresi. Kamu bisa gunakan TikTok Creative Center untuk riset konten dan hashtag apa yang sedang banyak dibicarakan.

4. Kombinasi Populer dan Relevan

Gabungkan hashtag populer dengan yang relevan untuk meningkatkan visibilitas. Dengan menggabungkan keduanya, kontenmu lebih mungkin muncul dalam hasil pencarian dan direkomendasikan kepada pengguna. Hashtag TikTok adalah alat kuat, dan kombinasi yang cerdas dapat membawa manfaat besar. Jika kamu sudah riset konten viral di Tiktok Creative Center, maka pastikan hashtag yang kamu pakai sesuai topik dan selipkan hashtag yang sedang tren juga.

5. Tips Menggunakan Hashtag Tiktok dengan Brand

Manfaatkan hashtag khusus merek untuk membangun komunitas dan brand awareness yang lebih besar. Dengan membuat hashtag yang unik untuk merekmu, kamu dapat mendorong audiens untuk berpartisipasi dan berbagi konten yang terkait, yang pada gilirannya akan meningkatkan interaksi dan visibilitas merek. Teknik ini juga cocok ketika merek kamu sedang mengadakan kompetisi, challenge, atau sayembara tertentu. Maka bisa dijadikan ajang “campaign” agar brand awareness semakin maksimal.

Tips Menggunakan Hashtag Tiktok

6. Analisis Konten dan Hashtag Kompetitor

Identifikasi kompetitor di industri kamu dengan menganalisis hashtag yang mereka gunakan. Ini akan memberikan wawasan tentang jenis konten yang sedang tren dalam industri tersebut dan membantu kamu menyesuaikan strategi kontenmu untuk menarik audiens yang sama. Jangan anti dengan kompetitor ya, kamu bisa gunakan pola ATM (Amati Tiru Modifikasi) konten yang dilakukan kompetitor, tapi ingat! Harus di “remake” secara kreatif dan BERANI BEDA.

7. Pertimbangkan Jumlah dan Panjang Hashtag

Selalu pertimbangkan jumlah dan panjang hashtag yang kamu gunakan dalam satu postingan. Sebaiknya, hindari penggunaan terlalu banyak hashtag agar postinganmu tetap terlihat rapi dan tidak terlalu “spammy”. Gunakan 3-5 hashtag yang paling relevan untuk memaksimalkan efektivitasnya. Saran kami, cukup 3 hashtag, yang penting relevan dan sesuai dengan hashtag viral saat ini. Sehingga tips menggunakan hashtag TikTok makin maksimal.

Akhirnya kamu telah mencapai penghujung artikel ini, tapi yakinlah bahwa 7 tips menggunakan hashtag TikTok adalah metode dasar agar kamu mengenal algoritma. Satu poin penting adalah, pastikan kamu paham masalah audience dan kamu mampu memberikan solusinya. Terlebih lagi, gimana cara supaya audience kamu dan follower kamu tetap menjadi loyalis dari kontenmu. Disini dibutuhkan kemampuan mind reading yang baik, baik dari sisi emosi maupun kinestetik. Oiya, jangan lupa kamu harus pelajari teknik copywriting yang efektif.