23 Mei 2023
MEDIA SOSIAL

Cara Optimasi Bio Instagram – Instagram adalah salah satu platform media sosial yang terus berkembang pesat dari tahun ke tahun. Tidak hanya sebagai tempat berbagi foto dan video, Instagram juga menjadi tempat untuk membangun bisnis online, memperluas jaringan sosial, dan menghasilkan uang. Diperkirakan pada tahun ini dan seterusnya, Instagram akan semakin dominan dan menjadi platform yang lebih kuat dalam industri pemasaran digital, sehingga perlu dipelajari dan dioptimalkan dengan baik untuk memanfaatkan potensi bisnis yang ada.
Untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti meningkatkan kualitas konten, memperkuat branding, cara optimasi seo Instagram,memanfaatkan fitur-fitur baru, dan membangun interaksi dengan pengikut. Tak luput dari itu semua, maka optimasi bio Instagram menjadi hal penting untuk naikkan konversi. Sehingga, dengan memahami cara-cara ini, diharapkan pengguna Instagram dapat memanfaatkan platform ini secara maksimal untuk mencapai tujuan bisnis dan personal mereka di masa depan.
10 Cara Optimasi Bio Instagram Terupdate
1. Perkuat Logo Brand/Foto Profil
Jangan sepelekan hal yang satu ini, salah satu agar audiens paham siapa Anda adalah dengan pasang foto profil yang menarik. Bisa juga pasang logo brand dengan latar belakang waran identitas dari brand Anda. Hal ini bertujuan untuk kepentingan branding, dan bisa jadi ciri khas di masa yang akan datang.
2. Ubah Akun Menjadi Instagram Bisnis
Agar suatu saat nanti akun IG Anda bisa besar dan mudah untuk scaling up seperti beriklan, maka wajib jadi akun bisnis.
- Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda.
- Klik ikon tiga garis di bagian kanan atas halaman profil Anda.
- Klik Pengaturan.
- Scroll ke bawah dan klik Akun.
- Klik Beralih ke Akun Bisnis dan ikuti petunjuk selanjutnya.
3. Cara Optimasi Bio Instagram Dengan Kata Kunci
Sistem Instagram saat ini telah menggunakan pola pencarian dengan kata kunci. Sehingga, nama profil Instagram Anda baiknya mengandung kata kunci. Misal brand kami adalah Distara, maka kata kunci pada Display Name Instagram bisa dengan kata kunci seperti, Jasa Pembuatan Website atau Konsultan Digital Marketing. Nantinya, ketika kata kunci di ketikan pada kolom pencarian Instagram, potensi muncul lebih tinggi.
4. Gunakan Kata Kunci di Kolom Deskripsi Bio
Untuk memperkuat optimasi SEO Instagram, gunakan kata kunci yang relevan beserta kata kunci turunannya di deskripsi profil dan nama pengguna Instagram Anda. Hal ini akan membantu muncul di hasil pencarian Instagram ketika seseorang mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.
5. Gunakan Emoji
Emoji dapat membantu memperkuat pesan yang ingin disampaikan dan membuat deskripsi profil Anda lebih menarik. Gunakan emoji yang relevan dengan bisnis Anda atau yang dapat merepresentasikan diri Anda. Hal ini bertujuan, agar punya daya tarik secara visual pada link bio Anda. Pastikan, agar tidak berlebihan menggunakan emoji pada deskripsi bio.
6. Tambahkan Call-to-Action
Tambahkan call-to-action di bio Instagram Anda untuk mengarahkan audiens ke tindakan tertentu, seperti mengunjungi website, membeli produk, atau mengikuti akun sosial media lainnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan konversi dan memperkuat interaksi dengan audiens. Pada umumnya, CTA ini ada hubungannya dengan korelasi konten pada link bio Instagram Anda. Jadi jangan asal berikan kata CTA, buat perintah CTA dengan basis Copywriting yang baik.
7. Cara Optimasi Bio Instagram dengan Cantumkan Hashtag
Hashtag dapat membantu meningkatkan visibilitas konten Anda di Instagram. Gunakan hashtag yang relevan dengan bisnis Anda atau dengan konten yang Anda posting. Anda juga dapat membuat hashtag khusus untuk kampanye atau produk tertentu. Hal ini hanya opsional saja, jika karakter yang tersedia di kolom deskripsi Bio masih muat, maka optimalkan dengan tambahkan hashtag.
8. Perbarui Bio Secara Berkala
Ada 1 hak yang tak boleh lewat, yaitu perbarui bio Instagram Anda secara berkala untuk memperkuat optimasi dan memberikan informasi terbaru tentang bisnis Anda. Jangan ragu untuk mengubah deskripsi profil, menambahkan hashtag baru, atau menambahkan link baru ke halaman landing page yang baru. Apalagi jika Anda punya promo tertentu, maka wajib sesuaikan lagi konten Bio Anda.
9. Gunakan Fitur Highlight untuk Optimasi Bio Instagram
Fitur highlight pada Instagram memungkinkan Anda untuk menampilkan konten penting atau highlight dari akun Anda di bagian atas profil. Gunakan fitur ini untuk menampilkan produk, layanan, atau informasi penting lainnya yang ingin Anda tampilkan kepada audiens.
10. Sentuh Masalah Utama Audiens
Salah satu cara optimasi bio Instagram yang bikin audiens pengen follow adalah dengan sentuh sisi emosinya. Faktor utama, mengapa orang lain ingin follow sebuah akun adalah karena adanya masalah yang ingin dipecahkan oleh audiens.
Misalkan Anda trainer Fitness dan Anda sudah berencana buat ecourse tentang olahraga Gym. Maka bisa gunakan kalimat pada deskripsi Bio seperti berikut:
“Dapatkan panduan lengkap untuk mencapai target tubuh impianmu. Jangan biarkan masalah berat badan mengganggu kepercayaan dirimu lagi. Ayo, join sekarang! Klik Link Bio”
11. Sertakan Link pada Bio
Sertakan link ke website, blog, atau halaman landing page Anda di bio Instagram. Hal ini akan memudahkan audiens untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur swipe up pada Instagram Stories untuk mengarahkan audiens ke halaman tertentu.
Hal ini sangat penting, karena link bio bisa jadi jalan konversi penjualan dari produk/jasa yang Anda jual. Lanjutkan baca artikel ini, karena sesaat lagi Anda kami kami ajarkan bagaimana mengubah follower Anda jadi customer loyal.
Platform Wajib Content Creator & Pebisnis Online
Jika Anda sedang jualan jasa/produk fisik di Instagram, maka Anda butuh sebuah wadah untuk media transaksi yang aman dan bisa monitor penjualan dan traffic secara Realtime. Di zaman sekarang, sudah tidak relevan jika proses pembayaran dilakukan secara manual oleh CS melalui WhatsApp. Bayangkan saja, jika dalam 1 hari ada 100 lebih transaksi penjualan, maka betapa pusingnya seorang Admin untuk cek satu-persatu pembayaran tersebut.
Maka butuh sebuah wadah (platform) yang dapat menampung seluruh produk/jasa yang Anda jual, sekaligus menjadi tempat untuk transaksi dengan metode pembayaran yang beragam. Melalui platform inilah , customer Anda akan Klik Link Bio dan bisa langsung deal transaksi dengan link sama tanpa harus di bawa ke platform lain. Bagaimana canggih bukan? makin penasaran?
Perkenalkan sebuah Platform bernama UTAS, sebuah aplikasi All In One berbasis link bio dan tempatkan di seluruh media sosial yang Anda miliki. Hanya modal link bio saja, audiens Anda kan bernaung dan transaksi layaknya toko online, tanpa ribet dan sangat efisien.
Dengan UTAS, Anda dapat menampung seluruh produk/jasa yang Anda jual, sekaligus menjadi tempat untuk transaksi dengan metode pembayaran yang beragam. Platform ini cocok untuk pebisnis online, influencer, selebgram, konsultan, coach, YouTuber, TikTok dan siapapun Anda yang jualan lewat online, pelajari lebih lengkap tentang fitur dan segudang layanan yang Anda cari selama ini. Belajai pakai UTAS sekarang!