24 Maret 2023
MEDIA SOSIAL

Cara mencari konten viral di TikTok – Tiktok menjadi platform distribusi konten yang sangat powerfull hingga tulisan ini terbit. Bagaimana tidak, banyak orang mendadak terkenal dan viral hanya gara-gara aplikasi yang satu ini. Keahlian dalam membuat konten dan kreativitas menjadi nomor satu agar akun kamu bisa berkembang. Namun, sebelum kami bocorkan bagaimana cara mencari video viral di Tiktok, kamu harus tahu bagaimana cara kerja algoritma media sosial.
Bagaimana cara kerja algoritma TikTok?
TikTok menggunakan berbagai algoritma untuk menyajikan konten kepada pengguna, termasuk algoritma yang memperhitungkan preferensi pengguna dan preferensi konten. Algoritma TikTok terbaru dikenal sebagai “For You” page, yang merupakan halaman utama aplikasi di mana pengguna dapat menemukan video baru dan menarik.
Sistem kerja algoritma TikTok terbaru didasarkan pada tiga faktor utama: preferensi pengguna, preferensi konten, dan popularitas video. Semakin sering kalian menonton video dengan tema atau kreator tertentu, semakin besar kemungkinan bahwa video dengan tema atau kreator tersebut akan muncul di “For You” page kalian.
Selain itu TikTok mempelajari preferensi konten pengguna berdasarkan label atau tag yang ditetapkan untuk video dan penggunaan hashtag. Algoritma TikTok mencari video dengan tag yang serupa dengan tag yang digunakan pengguna di video mereka dan menempatkannya di “For You” page mereka.
Nah yang bikin adalah Algoritma TikTok juga memperhitungkan popularitas video dengan mengevaluasi jumlah tontonan, like, komentar, dan share. Semakin banyak interaksi di video, semakin besar kemungkinan video tersebut muncul di “For You” page.
Dengan menggunakan algoritma ini, TikTok dapat menyajikan konten yang sesuai dengan preferensi pengguna dan mendorong video yang menarik dan populer. Dari sini kamu sudah bisa menganalisa kalau TikTok bakalan membuat video viral kalau kontenmu juga bermanfaat dan menarik untuk orang lain.
Tapi masalah para konten kreator adalah malas riset dan bikin ide konten yang bagus. Solusi ampuhnya adalah dekati sumber idenya, maksudnya adalah jika kamu lagi kehabisan ide maka cari sesuatu (pemicu) yang bikin ide tersebut muncul. Pemicu di sini adalah bisa dengan nonton film, lihat konten kompetitor, peka terhadao lingkungan dan isu yang sedang hangat.
- Baca Juga: TIPS FYP TIKTOK
Bagaimana Cara Mencari Konten Viral di TikTok?
Melihat Feed “For You”
Rajin scrooling adalah kuncinya, tapi ingat jangan sampai kamu scrooling cari hiburan tapi gak dapet ide mahal. Karena sayang banget, kuota kamu terbuang hanya habis scrooling TikTok kamu tidak bisa mengambil peluang ide dari konten orang lain. Feed ini sangat berpotensi sebagai sumber ide dan inspirasi untuk riset konten karena dapat membantu Anda memahami tren dan preferensi pengguna yang sedang berkembang di platform tersebut.
Mulailah dengan mengamati video-video yang muncul di feed “For You” kamu. Perhatikan tema, gaya, dan jenis konten yang tampil di video tersebut. Jika ada tema atau jenis konten tertentu yang muncul berkali-kali di “For You” page kalian, itu mungkin menandakan tren yang sedang viral di TikTok.
Gunakan Fitur “Discover” Untuk Mencari Konten Viral di Tiktok
Fitur ini bagus banget untuk menemukan tren dan hashtag yang sedang naik daun. TikTok memiliki berbagai filter pencarian yang memungkinkan kamu mencari video berdasarkan kata kunci, tag, atau kreator. Gunakan filter ini untuk mencari video yang relevan dengan topik atau kata kunci tertentu yang terkait dengan niche konten kamu.
TikTok memiliki daftar kreator dan tag populer yang dapat membantu kamu menemukan kreator dan video yang sedang populer di platform tersebut. Jelajahi kreator dan tag populer untuk menemukan ide konten baru dan menarik. Perhatikan video-video yang mendapatkan banyak tontonan, like, dan komentar. Analisis konten ini untuk memahami jenis konten yang sukses di TikTok dan bagaimana kamu bisa mengemas dan mengembangkannya.
Follow Akun Populer
Mengikuti akun populer di TikTok dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mendapatkan ide konten yang baik. Mengikuti akun populer di TikTok dapat memberikan inspirasi konten baru. Kamu dapat memperhatikan konten yang mereka posting dan menemukan ide-ide baru yang relevan dengan genre yang kamu suka.
Akun populer yang kamu follow di TikTok sering memiliki target audience yang sama dengan audience kalian. Dengan mengikuti akun populer tersebut, kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang preferensi dan preferensi target audience kamu dan bagaimana kamu dapat menyesuaikan kontenmu sendiri. Jadi follow konten yang 1 bidang denganmu dengan tujuan memperluas jangkauan konten, menemukan ide-ide baru, dan memahami tren terkini.
Gunakan Fasilitas Tiktok Creative Center
Ini adalah cara paling instan dan paling cepat serta akurat. Kenapa bisa akurat? karena fasilitas ini resmi dari Tiktok dan bukan dari pihak ketiga. Sehingga data yang tampil akurat dan terkini, bagaimana cara menggunakan Tiktok Creative Center Indonesia?
Tiktok Creative Center adalah tempat kamu bisa mencari konten viral, tren terbaru dan beragam ide yang bisa kamu ambil. Fasilitas ini tak hanya buat para konten kreator, tapi juga untuk para advertiser. Data Tiktok Creative Center selalu update oleh tim Tiktok, sehingga hal ini bisa bantu kalian tingkatkan produktivitas.
Biar gak makin penasaran, silakan kunjungi tautan berikut untuk terhubung ke Tiktok Creative Center, KLIK DI SINI.
Atau kamu juga bisa belajar Tiktok lebih dalam dan bergabung dengan ribuan konten kreator lainnya di Kelas Tiktok bersama Abi Bayu, info lengkapnya KLIK DI SINI.
Di kelas tersebut, kamu akan belajar bagaimana cara kerja algoritma Tiktok dan cara beriklan di Tiktok bersama Niko Julius. Tak hanya itu, kamu juga akan tahu ramuan konten viral dan pastinya akan bergabung dengan konten kreator lainnya di sebuah grup rahasia.
Dalam era digital saat ini, TikTok menjadi platform yang penting bagi bisnis dan merek untuk memasarkan konten kalian. Fitur Discover kamu dapat ide konten baru dan selalau fresh. Ingatlah untuk selalu menciptakan konten yang asli dan sesuai dengan kepribadian kamu, dan teruslah eksplorasi untuk mengoptimalkan penggunaan TikTok dalam strategi pemasaran konten.